FF \ KYUMIN |YOUNG LADY | FIRST / GENDER SWITCH

Sungmin tengah melakukan serangkaian perawatan kecantikan. Setelah dipijat selama beberapa jam kini ia berendam dalam bak mandi berisi susu putih. Sejak satu jam terakhir pula tak ada yang berani mengganggunya. Jika ia marah maka rumah bak istana ini akan hancur seketika. Di istananya Sungmin bebas berbuat sesuka hati. Memerintah, memaki bahkan memecat pelayan yang tak becus bekerja bisa ia lakukan dengan mudah.

~~o~oo~oOo~oo~o~~

Melani KyuMinElfsha

Young Lady

1st

Romance, Drama & Hurt

T+

~~o~oo~oOo~oo~o~~

“Nona.” Satu pelayan datang seraya membungkuk. “Tuan Cho ingin bertemu. Beliau sudah dua hari menunggu di teras.”

Sungmin mengerutkan dahi, masih memejamkan mata. Suara pelayannya satu ini benar-benar menganggu waktu istirahatnya yang berharga, namun nama yang pelayan tadi sebutkan membuat senyum miring Sungmin tercipta. Pria itu masih menunggu di teras? Benar-benar hal yang sangat amat jarang terjadi.

“Biarkan saja dia. Aku ingin melihat kesungguhan hatinya dalam meminangku.” Jawab Sungmin angkuh. “Ambilkan aku air, aku haus sekali.” Ia malah memerintah yang terang saja segera dikerjakan pelayan itu.

Sungmin masih menunggu di dalam bak mandi saat dari arah pintu terdengar suara ribut-ribut. Sungmin tak memedulikan hingga satu hentakan keras air yang cukup banyak menghantam wajahnya hingga basah kuyup.

“Bangun! Dasar pemalas!”

“Bangun!

“Bangun…”

Sungmin terbatuk. Beberapa air masuk ke hidung, telinga bahkan ada juga yang tertelan ke tenggorokan. Dengan masih mengantuk Sungmin mencoba membuka mata dan mendapati gadis galak yang beberapa waktu terakhir membangunkannya dengan cara kejam. Seperti biasa.

“Sudah pagi tapi kau masih saja bergelung dalam selimut. Bermimpi menjadi tuan putri kaya, heh? Dasar bodoh!” Kembali makian itu terdengar saat Sungmin mengusap wajahnya yang basah, bahkan rambutnya tak luput dari air.

“Sekarang bersiap. Banyak pekerjaan yang butuh perhatianmu, nona pemimpi.” Setelah berujar cukup kasar gadis yang baru Sungmin tahu bernama Haneul itu pergi dari hadapannya, menyisakan Sungmin yang masih sibuk mengusap wajah.

“Aish! Dasar gadis tempramen!” Sungut Sungmin. “Padahal sebentar lagi mimpiku akan berakhir dengan manis tapi ia rampas seenaknya. Menyebalkan!” Sungmin beranjak dari ranjang lalu mulai menggulung kasur, bantal dan juga selimut basah itu untuk dijemur. Sungmin sudah belajar dari pengalaman. Jika ingin tidur nyaman nanti malam ia harus menjemur semua peralatan tidur yang disiram Haneul.

Satu jam kemudian Sungmin sudah ke bawah, mengerjakan tugasnya seperti biasa. Mencabuti rumput di halaman luas rumah megah itu, menyirami bunga di taman yang tak kalah luas, memetik apel di kebun belakang bahkan membunuh serangga yang berani menganggu seledrinya dengan alat berisi pestisida.

Hingga sore hari Sungmin terduduk lelah di tanah persis di bawah pohon apel. Dengan napas memburu ia meluruskan kedua kaki seraya menatap matahari terbenam di ujung sana. Beruntung matahari bersinar terik. Sungmin yakin kasur, bantal dan juga selimutnya kering. Dengan begitu nanti malam Sungmin tak perlu bersusah-payah mencari kasur cadangan.

“Hm. Untukmu.”

Sungmin terkesiap dari lamunan saat mendengar suara dan juga uluran botol air mineral di sampingnya. Saat ia menatap sumber suara ternyata satu pria dengan setelah rapi sudah berdiri di sana. Pria itu masih mengulurkan botol berisi air mineral yang masih bersegel sebelum Sungmin terima.

“Bagaimana kencanmu? Sukses?” Tanya Sungmin saat pria itu duduk di sampingnya, ikut bersandar di pohon apel tanpa takut mengotori pakaian formal mahal yang ia kenakan.

“Selalu. Jika masalah kencan seorang Cho Kyuhyun tak akan pernah gagal.”

Sungmin mencebikkan bibir mendengar ucapan sombong itu seraya membuka tutup botol, karena memang haus setelah bekerja seharian tanpa makan Sungmin nyaris menandaskan isi botol.

“Namun kau sudah kembali padahal matahari belum terbenam sepenuhnya, aku bisa menebak jika ada yang salah dengan kencan butamu.”

Kyuhyun tertawa seraya mendengus geli, tanpa sepengetahuan Sungmin pria itu menatapnya lekat dari arah samping. “Tampaknya analisamu mulai meningkat.” Ujarnya memasang wajah pura-pura kagum.

Sungmin tersenyum miring, merasa puas bukan main mendapati pujian itu. “Tentu saja, jika masalah analisa otakku masih bisa berfungsi dengan benar.” Tak mau kalah dari Kyuhyun membuat Sungmin ikut berujar sombong.

Sekali lagi Kyuhyun mendengus geli, lalu tanpa peringatan pria itu berdiri dari duduk. “Masuklah, jangan terlalu lelah bekerja karena lukamu belum pulih benar. Jika kau kembali dilarikan ke rumah sakit, uangku juga yang akan terpakai.”

Sungmin mencebikkan bibir sebentar lalu mengumpati Kyuhyun sebagai pria pelit dalam hati. “Ya, ya, ya. Aku tak akan jatuh sakit lagi jadi kau tak perlu mengkhawatirkan uangmu akan lenyap. Aku bisa menjaga diri.” Balas Sungmin ketus.

Kyuhyun mengangguk. “Syukurlah jika akhirnya uangku tak terbuang percuma.”

“Apa…” Sungmin menatap ke samping, ingin membuat perhitungan pada Kyuhyun namun pria itu sudah berlalu dengan lambaian tangan di atas kepala tanpa menatap ke belakang lagi.

“Wah~” Sungmin mengersah, masih menatap punggung Kyuhyun yang mulai menjauh. “Dia memang kejam. Pantas saja dalam mimpi aku selalu ingin menyiksanya.” Bisik Sungmin yang diterbangkan semilir angin sore.

Dan hari ini mereka hanya berbicara sekitar sepuluh menit lalu berpisah tanpa kesan yang berarti. Sungmin dan Kyuhyun tak dekat walau sudah tiga bulan Sungmin terdampar di rumah megah keluarga Cho itu.

Walau tak dekat namun Kyuhyun menyempatkan diri menyapanya dan yang paling hebat memberikan air mineral seperti tadi. Pria itu terkenal pelit hanya pada Sungmin. Perlu digaris bawahi, hanya pada Sungmin saja Kyuhyun pelit. Setahu Sungmin di luar sana Kyuhyun selalu dermawan. Itu terbukti dari acara bakti sosial di televisi yang selalu memuat wajahnya.

Jadi Sungmin boleh saja menaruh curiga atas kebaikan Kyuhyun. Itu juga termasuk hal besar karena biasanya Kyuhyun hanya menyapa lalu menyindirnya dengan kalimat menyakitkan. Pria itu hebat dalam membangkitkan amarah Sungmin, namun sejauh ini Sungmin merasa jika Kyuhyun orang yang hangat, buktinya pria itu memberikan tumpangan berupa kamar pembantu di sudut istana Kyuhyun secara Cuma-Cuma.

Ya~ kamar pembantu jadi Sungmin mengerti. Jika ia tak bisa membayar sewa rumah bak istana itu maka ia harus bekerja layaknya pembantu di rumah ini walau sebenarnya Sungmin benar-benar enggan.

Sungmin kembali mengersah lalu matanya menatap ke depan saat Kyuhyun benar-benar menghilang dari pandangan. “Tuhan, kapan aku keluar dari rumah ini?” Sungmin awalnya hanya ingin mengeluarkan keluh-kesah selama tinggal di istana Cho namun entah mengapa air matanya mulai lancang menuruni ke dua pipi. Ia merasa perlakuan Haneul dan semua sepupu Kyuhyun selama ini terhadapnya sangat tidak manusiawi, dan itu yang membuat Sungmin mendadak sedih.

Ia terisak sendiri, menyesali takdir yang membawanya ke rumah Cho Kyuhyun dan menyalahkan takdir yang enggan bekerja sama dengannya. Semua ini begitu  berat bagi Sungmin.

***

Sungmin menghentikan kegiatan memasak sarapan ala kadar saat mendengar suara ribut-ribut dari arah ruang makan, saat Sungmin intip ternyata Kyuhyun beserta para sepupunya yang sombong itu sudah menempati kursi, di hadapan mereka terhidang makanan mewah yang bisa digolongkan sebagai makanan berat untuk sarapan.

Sesekali Sungmin melihat Haneul tertawa mendengar lelucon Kyuhyun dan begitu pula sebaliknya.

Keluarga yang hangat, pikir Sungmin. Membuatnya berhenti mengintip lalu kembali ke dapur kecil untuk menuntaskan masak.

Di rumah ini pelayan memiliki dapur masing-masing, terpisah dari dapur utama karena dapur utama khusus untuk koki bintang tujuh yang menghidangkan makanan untuk keluarga Cho. Sudah peraturan dasar jika pelayan memasak sendiri di dapur mereka agar dapur utama tidak tercemar.

Tercemar? Sungmin mendengus kesal. Apa mereka pikir para pelayan di sini sarang penyakit hingga mencemari dapur utama mereka? Mengingat itu saja Sungmin rasanya ingin menjambak rambut Haneul.

Sungmin segera mencuci piring setelah tenaganya terisi dengan mengkonsumsi omelet perjuangan, Sungmin khusus menamai omelet itu karena memang sejak tiga bulan lalu Sungmin benar-benar berjuang memasaknya hingga kini layak dikonsumsi walau rasanya jauh dari kata sedap.

Setelah selesai, Sungmin mendengar kalimat perpisahan Kyuhyun untuk semua sepupunya. Pria itu memang jarang di rumah, ia selalu ke kota entah untuk melakukan apa. Sungmin tak begitu tahu dan terlalu malas mencari tahu, yang Sungmin tahu Kyuhyun terlalu sering berada di luar rumah dan hanya sehari dua hari tidur di istananya. Sungmin malas mendengar salam perpisahan Kyuhyun terlalu lama, ia memilih keluar dari pintu samping untuk tiba di hamparan kebun kepunyaan Kyuhyun.

Hari ini ia dijadwalkan membantu paman Song menabur pupuk kandang ke tanah yang akan ditanami sayuran sawi. Sebenarnya Sungmin tak mengerti akan satu hal. Kyuhyun sangat kaya, di kampung ini hanya ia yang memiliki rumah luas dengan halaman yang tak kalah luas pula. Jadi kenapa pria itu berkebun di lahannya sendiri? Bukankah ia bisa membeli semuanya di pasar?

Benar-benar merepotkan. Sungmin yakin ini pertama kalinya ia memegang pupuk kandang. Sungmin nyaris memuntahkan isi perut jika tak segera menahan diri. Sungmin tak tahan dengan bau busuk pupuk kandang ini. Kapan semua penderitaannya akan berakhir?

***

Saat kembali ke rumah, di ruang tengah sudah berkumpul beberapa orang. Sungmin tak berminat menghitung tamu yang berkunjung karena ia lebih memilih menghampiri dapur. Ia hanya butuh minum sekarang.

“Sungmin.” Suara Haneul terdengar saat ia baru meneguk air mineral. Sungmin menyudahi aktivitas dan balas menatap Haneul.

“Segeralah mandi, lalu keluar. Jamu teman-temanku. Ingat, kau masih berstatus pembantu di sini jadi layani teman-temanku dengan baik. Jangan lama-lama mandinya.” Haneul menatap Sungmin sinis lalu berbalik. Ia kembali ke ruang tamu sementara Sungmin menghela napas. Ia tak bisa membantah padahal tubuhnya terasa remuk akibat bertani di belakang rumah tadi.

Sungmin keluar dari kamar dengan tampilan segar. Ia segera memasuki dapur utama lalu mengeluarkan apa yang ada di lemari pendingin. Ada tiga botol jus jeruk, tiga toples cemilan, tiga piring kue kering. Semoga saja ini cukup.

Sungmin membawa semua itu menggunakan satu nampan besar. Ia segera menghidangkan saat sudah tiba di ruang tamu. Entah kenapa mendadak suasana menjadi hening saat Sungmin datang padahal tadi mereka berbincang heboh.

“Tak kusangka, kau memiliki pembantu semuda ini.”

Sungmin ingin berdecih mendengar suara pria asing itu.

“Siapa namamu nona? Kau terlalu indah untuk sekedar menjadi pembantu.”

“Sudahlah Taeyong. Dia tak pantas untuk kau goda.” Haneul buka suara.

“Kenapa? Dia masuk kriteria perempuan yang layak kukencani.”

“Tutup mulutmu.” Itu suara Kyuhyun.

Sungmin tersentak dan menegakkan kepala. Ia melihat pria itu duduk di depannya. Kenapa Kyuhyun sudah ada di rumah? Bukankah tadi pagi ia pamit pergi ke suatu tempat?

“Benar kata Haneul. Dia tak pantas kau goda. Gadis pemalas dan kerjaannya hanya tidur saja tak pantas dilirik. Kau dalam masalah besar jika berkencan dengan gadis seperti dia.” Kyuhyun tersenyum miring sebelum menuangkan jus jeruk ke dalam gelas.

Bukan hanya kali ini, Kyuhyun dan Haneul sering mempermalukan dirinya di depan teman-teman mereka tanpa memikirkan perasaan Sungmin. Walau Sungmin menumpang dan dianggap pembantu namun Sungmin masih memiliki hati. Ia punya harga diri yang tak sepatutnya diinjak-injak oleh dua saudara itu.

“Jika tidak ada yang dibutuhkan lagi aku permisi.” Sungmin bangkit dengan nampan di tangan. Saat berbalik air matanya mengalir membasahi kedua pipi. Ia sudah tak sanggup lagi. Hidup menumpang memang sangat sengsara. Ia tak bisa melawan meskipun terus dipermalukan.

Ia terlalu lemah.

Sudah lama Sungmin ingin melarikan diri dari sini. Hatinya sudah tak sanggup menerima semua penghinaan Cho bersaudara, terlalu menyakitkan.

***

Pagi ini istana megah keluarga Cho tengah gempar. Haneul berteriak histeris hingga membuat Sungmin mengunjungi kamarnya untuk mencari tahu.

“Bedakku habis sementara nanti malam ada pesta di rumah HyunAh.”

Sungmin memutar bola mata malas. Ia kira ada apa, perempuan itu berteriak seolah kehilangan harga dirinya. Sungmin ingin kembali ke kamar namun suara Haneul menghentikan langkahnya.

“Bisa kau belikan aku bedak itu?”

“Hah?” Sungmin berbalik dan menatap Haneul tak percaya.

Haneul berbalik, ia meraih dompet dan mengambil beberapa lembar uang dari sana. “Ini, pergilah ke pasar di pusat kota. Bedak ini dari luar negeri jadi hanya dijual di kota. Aku tak bisa pergi mengingat harus mempersiapkan diri.” Haneul memberikan uang ke tangan Sungmin.

“Tapi…”

“Aku mengandalkanmu. Kau tinggal menaiki bus warna hijau jika ingin ke kota.”

Sungmin terdiam. Ia menatap uang pemberian Haneul ditangannya. “Baiklah. Jawab Sungmin mengalah, ia membalikkan tubuh meninggalkan kamar Haneul.

Tak berapa lama ia tiba di halte bersama yang lain. Tadi Haneul berpesan untuk menaiki bus warna hijau jadi Sungmin dengan sabar menunggu. Ini pertama kalinya Sungmin keluar rumah. Sejak dibawa ke kediaman Kyuhyun tiga bulan lalu, belum sekalipun Sungmin keluar pekarangan rumah. Semua terasa asing hingga Sungmin ketakutan sendiri. Namun saat bus hijau mendekati halte, Sungmin dan penumpang lain masuk dengan teratur.

Ini perjalanan pertamanya setelah tiga bulan. Walau yakin bukan perjalanan pertama dalam hidup namun ini juga terasa mendebarkan. Sungmin tak yakin. Ada perasaan tertantang dalam dirinya setelah menaiki bus.

Mereka bilang Sungmin amnesia. Ia ditemukan di jurang yang dalam dan dibawa ke rumah sakit. Tak ada yang datang untuk menjemputnya, hingga entah darimana Kyuhyun datang bak malaikat penolong. Pria asing itu membawanya pulang ke tempat asing dan memperbolehkan Sungmin menetap, ia diizinkan menumpang hingga keluarganya datang mencari.

Jika dipikir-pikir Kyuhyun memanglah baik. Ia sudah menolong orang yang amnesia seperti Sungmin, memberinya tempat tinggal dalam kurun waktu tak terbatas. Pria itu memang baik, namun tidak dengan mulutnya. Kata-kata yang ia keluarkan terlalu menyayat hati Sungmin. Walau sekarang Sungmin tak memiliki keluarga dan bergantung pada Kyuhyun namun tak sepantasnya pria itu berlaku jahat.

Sungmin kembali menangis dalam diam. Ia menatap keluar jendela dimana hamparan hijau terlihat. Sungmin kembali berpikir, kenapa takdir begitu tragis digariskan untuknya? Sudah jatuh ke jurang, amnesia, tak ada satupun keluarga yang mencari dan sekarang ia malah merasa hidup di dalam neraka.

Jika bisa memilih lebih baik Sungmin mati saja di jurang saat itu. Ya, mati lebih baik daripada terus dihina.

***

“Nona, nona.”

Suara usikan itu membuat tidur Sungmin terganggu. Ia perlahan membuka mata dan mendapati pria paruh baya berdiri di depannya.

“Kita sudah diperhentian terakhir. Anda tak mau turun?”

Sungmin terkesiap. Ia menatap keluar jendela dan mendapati hari sudah malam. “Di… dimana ini?” Tanya Sungmin panik nyaris terlonjak dari duduk.

“Busan. Anda mau kemana sebenarnya?”

“Pasar.” Jawab Sungmin.

“Pasar?” Pria paruh baya itu mengerutkan dahi. “Pasar banyak nona. Anda mau ke pasar mana?

“Pasar Pusat kota…” Jawab Sungmin.

“Iya. Kota mana nona? Kota di Korea ini banyak.”

Sungmin membulatkan mata. Pasar kota mana yang harus ia kunjungi? Mendadak pikirannya buntu. Pasar mana? Pasar mana?

Namun setelah itu Sungmin terkesiap. Sekarang ia tahu jika Haneul hanya menjebak saja. Membeli bedak jelas tipuan gadis itu agar Sungmin tersesat.

Sungmin turun dari bus dengan langkah gontai. Ia tak tahu berada di mana dan tak tahu caranya kembali. Ia tak ingat daerah halte yang pertama kali ia kunjungi. Ia bahkan tak tahu apa nama daerah rumah Kyuhyun. Dengan masih menangis dalam diam Sungmin terus menyusuri jalan. Ia tak memiliki tujuan, hanya berjalan lurus sampai tenaganya habis.

Sungmin berhenti di depan truk penjual Odeng. Ia mengeluarkan uang pemberian Haneul dan menyerahkan satu lembar ke penjual. Biar saja uang ini tak digunakan untuk membeli bedak malah habis untuk membeli makanan, salah wanita ular itu kenapa menjebaknya.

“Ambillah lima buah yang kau suka.” Ujar penjual itu.

Sungmin tersenyum dan mengangguk. Ia mengambil lima Odeng hingga perutnya nyaris penuh. Sungmin bukan orang yang banyak makan, sedikit saja sudah membuatnya bersemangat.

Ia kembali berjalan tanpa tujuan hingga makin lama makin sepi keadaan sekitar. Sungmin bergidik. Ia menatap ke kiri dan kanan untuk bersiaga. Hening, sepi, dan mencekam begini sangat membuatnya takut.

Dari arah depan, satu mobil melintas dengan kecepatan rata-rata. Melewati Sungmin yang sudah berhenti melangkah. Entah kenapa Sungmin memperhatikan mobil itu. Ia merasa kenal, dan anggapannya diperkuat saat melihat Kyuhyun duduk di belakang kemudi.

“Kyuhyun…” Sungmin berbisik sendiri. Sungmin bersyukur, setelah sekian lama baru sekali ini ia sangat berterima kasih bertemu Kyuhyun. Ia tersenyum lega dan berniat berteriak memanggil Kyuhyun, namun saat melihat pria itu tak sendiri melainkan ada perempuan di sampingnya membuat Sungmin terdiam. Di dalam mobil itu mereka berbincang hangat hingga tertawa, Sungmin belum pernah melihat Kyuhyun tertawa seperti sekarang. Hingga mobil itu melewatinya Sungmin tak kunjung bersuara.

Walau Kyuhyun satu-satunya orang yang bisa menyelamatkannya namun Sungmin sadar, suatu hari nanti pria itu akan mengusirnya pula. Pria itu akan hidup dengan perempuan tadi. Sungmin bisa melihat ada hubungan istimewa di antara mereka. Daripada Sungmin terus bergantung pada pria seperti Kyuhyun lebih baik ia sadar diri mulai sekarang dan mulai hidup mandiri.

Kyuhyun… bukanlah orang yang harus ia repotkan setiap hari.

Sungmin kembali melangkah saat deru mesin mobil Kyuhyun sudah menghilang. Ia kembali menangis dalam diam. Mulai sekarang ia akan menentukan hidupnya sendiri. Manusia yang hebat adalah yang bisa bertahan hidup dari kerasnya dunia.

“Hai nona manis.”

Langkah Sungmin terhenti. Ia menatap ke depan dan tiga orang sudah menghadang. Sungmin mundur dua langkah saat melihat seringai ketiga pria itu. Seringai menjijikkan yang paling Sungmin takuti.

“Sepertinya kau tersesat. Mau ikut kami?”

Sungmin makin melangkah mundur. Apa ketiga pria ini akan melecehkannya? Memikirkan itu membuat Sungmin bergidik. Daripada terlambat lebih baik Sungmin melarikan diri. Ia berbalik dan bersiap lari namun tampaknya ketiga pria itu lebih gesit. Mereka mampu mengunci pergerakan Sungmin hingga perempuan itu berteriak minta tolong.

***

“Bos. Kami membawa barang bagus.” Salah satu pria yang mengukungnya mendorong Sungmin ke lantai hingga ia terjerembab.

“Sepertinya masih perawan bos.” Ujar pria yang lain seraya terkekeh.

“Kita coba saja satu persatu baru kita lemparkan ke hidung belang yang ada di bar.”

Sungmin bergidik, air matanya tak henti mengalir. Sudah hancur, semua harga diri yang begitu ia junjung tinggi akan sirna malam ini.

“Berisik. Tinggalkan kami sendiri.” Pria yang dipanggil bos itu berujar tinggi, membuat tiga pria tadi terdiam lalu undur diri.

“Nah nona naif. Selamat datang di dunia kami.”

Sungmin menggeram jijik mendengar kalimat sambutan itu, namun ia tak bisa melawan dalam situasi seperti ini. Bahkan saat pria paruh baya itu mendekat lalu membuka ikatan tali yang mengukung kedua tangannya.

***

Dan sudah sebulan berlalu sejak insiden penculikan Sungmin. Ia tak tahu dibawa ke mana yang jelas Sungmin bekerja di bar yang menjajakan kepuasan lelaki hidung belang.

Tampaknya bos yang memperkerjakan Sungmin masih memiliki hati nurani, buktinya Sungmin disuruh memilih menjadi pelayan bar atau pemuas nafsu pria yang ingin menyewa tubuhnya di ranjang.

Sungmin jelas saja memilih menjadi pelayan bar. Walau setiap malam ada saja tangan nakal yang mampir ke tubuhnya namun sejauh ini Sungmin masih bisa bertahan.

“Ketua parlemen kembali datang, ia ingin mengajukan penawaran tinggi untuk tidur denganmu walau semalam saja… Tidak, Satu jam cukup.” Bos besarnya menghampiri saat Sungmin berada di dapur bar.

Sungmin yang tengah tertunduk dengan mengacak rambut mulai tersenyum sinis. Sudah banyak yang mengincar tubuhnya. Dari kalangan bawah hingga kelas atas seperti parlemen Negara. Sungmin jijik sekali. Sudah tua, kepala botak di tengah, napas satu-satu masih saja bersemangat meniduri gadis muda. Menjijikkan! Sungmin tak sudi menatap ketua parlemen itu.

“Katakan padanya aku tak mau. Prinsipku masih sama. Aku hanya pelayan di sini, bukan pelayan di ranjang.”

“Tapi jika membuatnya menunggu kau juga yang susah. Ini ketua parlemen, bukan aktor terkenal malam lalu.”

“Aku tak peduli.” Sungmin menatap pria paruh baya itu dengan mata tajam. “Mau dia ketua parlemen atau presiden sekalipun. Aku tetap menolak. Ini tubuhku, aku berhak atas tubuhku.” Tegas Sungmin.

Bosnya menghela napas. “Terserah kau saja. Jika terjadi masalah besar aku tak akan membantu.”

“Kau yang akan mendapat masalah besar jika aku melapor polisi. Jika kau paksa aku menjual tubuh kupastikan kau dan seluruh usahamu akan hancur.”

Pria paruh baya itu terdiam. Ia kehilangan kata-kata sebelum meninggalkan Sungmin sendiri. Sepeninggal pria paruh baya itu Sungmin nyaris jatuh dari duduk. Sebenarnya ia juga takut, menolak ketua parlemen sama saja mencari mati. Namun jika menyangkut haknya maka Sungmin akan berjuang hingga titik darah penghabisan.

Sungmin kembali ke luar. Membawakan nampan berisi kentang goreng beserta ayam goreng pesanan pelanggan. Bahkan bar ini sudah seperti restoran malam saja. Pengunjung lebih ramai dari malam biasanya hingga membuat Sungmin sulit untuk menerobos kerumunan hingga sampai di meja pelanggan.

“Minnie. Ayo duduk disini, temani kami minum.”

Ajakan sarat akan godaan itu terdengar saat Sungmin menghidangkan makanan yang ia bawa. Sungmin tersenyum manis nan palsu, hanya itu satu-satunya cara untuk menolak. “Kalian minum saja lebih dulu, nanti akan kupanggilkan senior Lim. Ia bebas malam ini.”

“Tapi kami maunya ditemani olehmu Minnie. Ayo sini duduk dipangkuanku.”

Sungmin kembali tersenyum. Ia melirik ke selangkangan pria paruh baya yang memintanya duduk di sana. Menjijikkan sekali, sepertinya dia membayangkan hal jorok hingga membuat celananya bengkak.

Menjijikkan! Menjijikkan! Menjijikkan! Sungmin terus merapalkan kata itu bagai mantra. Lama-lama di bar ini ia akan menjadi gadis dewasa sebelum waktunya.

“Sungmin, kita kekamar mandi, eoh? Aku janji hanya menginginkan mulutmu untuk menenangkan milikku. Tolong jangan tolak aku. Aku bukan menginginkan lubang berhargamu, hanya mulut mungilmu saja. Ya sayang~”

Sungmin mengepalkan tangan. Tubuhnya bergetar menahan marah namun ia tak bisa melakukan hal apapun selain bersabar. Ingin sekali ia mengebiri semua pria hidung belang yang mengajaknya bercinta, namun jika Sungmin menggila sekarang maka tempat pencarian uangnya akan hilang.

“Aku akan bawakan pesanan kalian lagi.” Sungmin undur diri lalu berbalik. Ia mengabaikan panggilan-panggilan hidung belang itu lalu bernapas lega saat kembali berada di dapur bar. Sungmin membanting nampan kayu ke atas meja lalu menggeram.

“Brengsek! Mereka kira aku pelacur.” Sungmin mengutarakan kekesalan hatinya hingga koki dapur tersenyum maklum. Ia tak mau menginterupsi makian Sungmin karena sebulan ini ia sudah terbiasa mendengarnya.

“Sudah tua, tak sadar umur, tak ingat anak istri di rumah. Akh! Bajingan mereka semua!”

Koki di sana kembali tersenyum seraya masih menggoreng kentang, hingga satu sosok muncul ke area dapur padahal tempat itu hanya boleh dimasuki karyawan saja.

“Ternyata memang kau.”

Sungmin terdiam. Kata-kata makiannya menguar ke udara saat Sungmin mendengar suara itu. Ia berbalik dengan gerakan pelan. Saat sudah melihat siapa pemilik suara itu Sungmin membulatkan mata kaget.

Dia…

Di antara semua bar, kenapa ia harus bertemu si keparat itu disini? Apa dunia memang sesempit itu?

.

~oOo~

.

T. B. C


130 respons untuk ‘FF \ KYUMIN |YOUNG LADY | FIRST / GENDER SWITCH

  1. Yey…….akhirnya update juga…….sebenarnya siapa sungmin???? Apakah dia adalah seorang nona besar…..?? Itu argumen ku…karena sungmin sama sekali tidak tau memasak…….dan siapa yang menemuinya di dapur bar?? Apakah itu khyuhyun.?? Jangan lama lama update yach…

  2. menyedihkan skali nasib mu ming??? itu pasti s cho yg nemuin ming, ahhhh masih lom ngerti sich jlnnya ming siapa kyu siapa,, jd mkin penasarannn… next chap d tunggu y,, mksih say dah come back lg dgn ff kyumin nya..

  3. akhirnya post ff lagi, sempet ngira kalo ka mel gabakaln update ff lagi huhu 😦 masih penasaran kenapa sungmin amnesia dan kenapa kyuhyun yg nolongin 😂

  4. ini kenapa hidup sungmin merana kaliii?
    amnesia, tersesat, kerja di bar, oohh kyuhyun mana kyuhyuuun..??
    kuharap kau jadi angelnya sungmin kali ini.. tolongin sungminkuh pleasee.. jangan kasar-kasar sama sungmin yaa 😉😘

  5. Cerita yg ditunggu, akhirnya update lagi…. 😇😇😇
    Haneul sengaja jebak sungmin ? Jahat bngt… 😢
    Kyuhyun where are you 😕

    —–1315—–

  6. Ka mel.. Apa kabar… Seneng deh, ka mel akhir nya apdet kyumin lg.
    Sehat kah, sibuk ya ka?
    D tunggu ya ka lanjutan nya.. Semngat!!!

  7. wahhh ff nya keren eonni!! iseng iseng cari ff terbarunya kyumin ga taunya adaaaa!!!

    aku sukaaaa

    btw itu siapa ya? kayaknya si cho deh..

    fighting lanjutnya eonni

  8. Aigoooo, finally!!! Kakak sumpah pas buka email langsung liat kontak masuk eh, dpt notif kk upload ff baru, sumpah ini aku langsung komen krna excited bgt, kk makasih akhirnya comeback jugaaa 😭😭

  9. wahhh… senangnya eonnie bikin ff kyumin lg
    slalu sukaaaaa…
    Minnie aslinya org kaya x y dan seenaknya trs kecelakaan jd amnesia di kerjain sm kyu biar bs mhargai hidup

  10. Omg, pasti itu Kyuhyun!!!!!!
    yaelah, kyuhyun munafik amat.. sok jutek gitu, padahal mah udah jatuh cinta ya??? Eaaa
    Dan haneul, picik banget siiiii. Segitunyasama uri ming. Ming sabar ya, hidup emang menyakitkan..

    Ditunggu next nya ya, ganbarimasu!! 💪💪💪💪💪💪💪💪

  11. wahhhhhh melan, udah lama banget gak update akhirnya update juga. 😍😍😍 wahlah kyumin comeback, selalu ceritanya bikin orang penasaran siap yang nemuin sungmin? kyuhyun kah? di tunggu part selanjutnya

  12. FF baru….. finally comeback

    Eps pertama ming udh sengsara gara gara Evil kyu, semoga ming bisa bertahan

    Penasaran sama lanjutan ceritanya,,,,, onnie semangat,,,,,

    Biar bisa cepat update (^ω^)

  13. Asiikk..ff baru lg
    Awal baca kirain sungmin jadi nona muda kaya manja sombong, ternyata mimpi. Atau jangan2 itu kehidupan sebelum amnesia.
    Itu yg datang kyuhyun kah? mungkin selama sebulan kyu kehilangan sungmin.
    Next chap.. selalu penasaran

  14. Waaaa akhirnyaaaa ada ff baruuuuuuu!!!!! Senangnyaaa!! Ihh sungmin lupa imgatan trs dijadiin pembantuuu??? Trs ituuu kyu td yg nemuiin ming???

  15. Waahh eonni akhirnya publish kyumin lagj yeay 😄😄😄
    Bhaks… Kirain min tadi beneran jadi princess judes galak eh taunya cuma mimpi 😂😂😂
    Kyuhyun suka nggak sih itu sama min ?
    Kesel jg sama si haneul kampret satu itu heboh amat.. -_-
    Itu yg ketemu min d bar Kyuhyun kan ya ya ?
    Ditunggu next chapnya eonni..
    Suka banget sama karya eonni 😘😘😘😘😘😘

  16. Aaaaa.. Kirain eonni ga bakal publish ff kyumin lg, ternyata … aku salah 😂😂😂 makasii ya eon masih bikin cerita ttg kyumin, meskipun mereka jarang bgt muncul krn min sibuk dgn kehidupan rumah tangganya dan kyu wamil (masih wamil ga? Aku udh lama ga update ._.v)

  17. Kasihan min.
    Cuma numpang tapi di suruh kerja rodi 😢
    Klu memang min, hilang ingatan
    Siapa sebenarnya sungmin itu.

    Hihih kyu, gak suka ya.
    Jika ada yang goda min..

  18. Akhirnyaa mel ounni kesayangan balik lagi
    Ff baru…
    Diawal-awal ceritaa kirain ming beneran orang kaya punyaa rumah bak istana ternyata tetot mimpi 😂 kasihan disiram air pulaa …
    Wahh kyuuu kata-katamu menyakiti ming itu…
    Dan haneul kenapa juga harus menjebak ming sampai ketiduran gak tau sampai busan ..nasibmu ming…
    Apaa yang membuat ming kaget si kyu???
    Next chapt ounni..😊
    Semangat yaa..

  19. Kyaaaa eonni, aku kangeeeeeeen, akhirnyaaaa update lagiiii😂😂😂😂💙💙💙💙💙
    ugh, ceritanya bagus kakkkk, itu Ming seriusan amnesia? kenapa kok bisaaa? bakal ada flashback kah? kasian amat Ming… aku kzl sm Haneul, syaland~ grgr dia jd mom nyasar_-
    Itu siapa cwo? Kyuhyun kah?

    fast update ya kakkk, gak sabar, pengen tau lanjutannya😂💙

  20. Thank you kak udah tetep mau jadi author FF nya kyumin. Tetep update ya kak. Jgn berhenti menulis. Aku udah susah cari ff kyumin yg cocok sama aku. Sejauh ini kakak gak pernah mengecewakan. Hihihi. Selalu ceritanya asik. Meskipun penuh drama tapi gak bosenin. Nah yg ini juga. Aku bakal tungguin lanjutannya. Bikin lebih greget ya kak. Gapapalah banyakin bagian kyunya cemburu ya kak. Sapa suruh bikin minnie salah paham. Hihihi. Semangat kak! Thank you 😊😊😊

  21. Yihaa akhirnya baca ff lagi,..
    Kyu menyebalkan seperti biasa, ah min disini keren.
    Yg dtg aku rasa kyuhyun deh, semoga aja btul tebakanku hehe. Next chap eon

  22. Makasih kak melanie masih buat ff kyumin😭😭😭 AKU SENENGG. Pasti itu kyuhyun yang sungmin bilang keparat ya.

    NEXTTTT semoga updatenya cepet huuhu, aku penasaran. Semangatt nulisnyaaa!!❤❤

  23. Makasih kak melanie masih buat ff kyumin😭😭😭 AKU SENENGG. Pasti itu kyuhyun yang sungmin bilang keparat ya.

    NEXTTTT semoga updatenya cepet huuhu, aku penasaran. Semangatt nulisnyaaa!!❤❤

  24. Huwaaaa…. ff baruuu…
    Omo omooo ming itu keluarga kaya gak sih?? Yang dia kecelakaan terus amnesia?? *gara2 keseringan baca ff kebanyakan kek gini*sok tau.
    Lanjut jangan lama2 yaaaa hihihi

  25. welcome back melanie, thank you buat update ff lagi
    masih tanda tanya sm ceritanya, masih nebak sana sini
    daripada sibuk nebak2 aq tunggu updatean dari kamu aj hihihi
    semangat

  26. Huaaaa ka akhirnya update lagiii.
    Uh senanganya, pasti krn lagi lubur semester ya hehehe.
    Ka itu sungmin sebenernya orangkaya ya? Apa kyuhyun aslinya tau latar belakang sungmin sebelum amnesia?
    Ko kyuhyun ke sungmin kaya bentar baik terus lama nyebelin hahha

  27. Waaah seneng dech pas liat notif kalo kak melan publish crita baru >< jadi ada yg bisa d tunggu lagi nich ^^
    Semangat ya kak mel 😀

  28. Ahhh kakak aku kangen ff-mu ><
    Aakhirnya bisa baca ff buatan kak melan hehehe

    Ituu pasti Kyuhyun kan?
    Kyuhyun nyebelin ya haha sabar min..

    Kutunggu lanjutannya ya kak ^^

  29. Dan Sungmin ternyata adalah calon pengantin kyuhyun atau mungkin istri Kyuhyun yang dulunya pemalas makanya disuruh jadi pembantu biar dia berubah (hanya dugaan)

  30. Finally publish ff lagi

    Gk tau kenapa yg aku bayangin pertama kali tentang suasana desa Eropa gitu sebelum Sungmin jadi pelayan bar.yg masuk ke dapur itu Kyuhyun kah?
    Next

  31. AAAAAAAAAAAAAAA.. PENASARANNNN.. kapan ini dilanjut eon? Besok yah? Besok kan yah? Baru liat notip email hari ini dan langsung kesenengan mel eon balik lagiii.. yeayyy… kalo besok kan tepat seminggu, biasanya mel eon update seminggu sekali kan yaahhh.. duuh penasaran beut sama ceritanyaaa.. w tetep setia sebagai pembaca ff mel eon ❤ .. ditunggu kelanjutannyaaa.. hwaitinggg!!!!

  32. Baru tau ternyata Melani ngepublish ff baru, akhirnya sekian lama hiatus kita dikasih asupan ff karya Melani lagi. Baru 2 minggu lalu bilang kangen ff nya Melani dan taraaaa akhirnya dikasih asupan sama Melani ^_^

    Suka banget sama cerita nya, penasaran kenapa sungmin bisa amnesia dan juga penasaran siapa yang sungmin lihat tapi mah hawa2 nya Kyuhyun sih #Plak #SokTau
    Bener2 nggak sabar nunggu kelanjutannya, ditunggu lagi next chapternya ya Mel 🙂

  33. Akhirnya ada ff baru setelah lama nunggu.. bagus bgt cerita nya, tp sampai sini blm bisa nebak apa2.. Masih banyak tanda tanya, 😃 apakah yg dtang itu Kyuhyun? sabar ya Ming banyak sekali cobaan hidupmu..
    Kak Mel jangan lama2 ya updatenya, di tunggu chapt berikutnya.. 😊

  34. Akhirnyaaa chingu bikin ff baru lagii💖 Kangen bgt seriusan sm ff dari chingu😭
    Penasaran sm masa lalu Ming sampai bisa jatuh di jurang begitu😢 Dan anehnya masa sama sekali gaada yg nyariin Ming trs tiba2 Kyu dateng begitu aja, pasti ada sesuatu hmm… Kasian Ming nya dijebak begitu sm si Haneul😔 Dan yg ngedatengin Ming itu pasti Kyu kan? Wkwk sok tau bgt😂
    Ditunggu next chapternya ya chingu, fighting!☺️ Jgn lama2 ya chingu updatenya hehe

  35. dan akhirnya bisa juga aku ngefollow eon
    bener” penasaran gmna nasib sungmin selanjutnya kasian juga sungmin yg digoda sama lelaki hidung belang tpi aku yakin kyuhyun akan selamatkan sungmin dari penderitaan nya
    keep semangat eon aku tiap hari buka web eon berharap ada chap baru
    gomawo eon udah buat ff kyumin dan teruslah berkarya

  36. Astga…baru tau kak Mel posting cerita baru😁😁😁

    Sungmin amnesia..
    Entah kenapa aku berharap mimpi sungmin di awal itu kenyataan😁😁😁😁😁

  37. Akhirnya ada ff baru.. 😁 dan seperti biasa, chapter satu masih agak bingung karna authornya keknya suka maen teka-teki.. 😁 Semangat thor!!!! Fighting!!! 😆😆

  38. Aahhg akhirnya update juga kak mel 😘
    Cuma ff kak mel aja yg aku tunggu2.
    Makasih sudah update.

    Menurutku di awal chap di mimpi sungmin itu dia kayak mimpi kisah nyata dia, krn kan dia itu lupa ingatan, jgn2 dia org kayak juga yg bandel atau apa gitu.
    Sebenernya kyu baik tp masih gengsi seprti biasa hahaha

  39. Tiba* kangen kyuminn.. Stelah disibukan sm pekerjaan akhirnya bbrp tahun ini gak bisa baca fanfictnya. Dan syukurlah kak melani tetep setia bikin ffnya 😭 thnkyu kak 😍

  40. Wwah. dah lama Nggak buka Wp eonni.
    Mau baca2 FF eonni yg lain. eeh ada update-an yg baru 😘😘

    Wwaah ceritanya ini Sungmin siapa nya Kyuhyun, sampai2 tinggal di rmah Kyuhyun, terus jadi ke pembantu?? 🤔🤔
    Apa Kyuhyun manfaatkan Kelemahan Sungmin (Amnesia) kasihan Sungmin yang nggak tau apa2. Keluarga apalagi. Malah Haneul sengaja ke gitu sama Sungmin 🙄🙄

    Keep Writing eonn 💪💪

  41. Udah amnesia, tinggal d rumah yang nggak nghargai Sungmin.
    Bebeb Sungmin emng tangguh 💪 sama ke sekarang. Sungmin SuperJunior juga tetap tabah, sabar, tangguh ngadepin fans2nya (⌒▽⌒)

  42. Kebangun tengah malem trus ga bisa bocan egen trus otak” hp nah serching gugel eh liat brandanya kak mel ada yang balu 😀
    Stelah scandal kmaren mnurut aku endingnya guantung bgt -_- mana gada sequel pula huuft -_-
    Back to story ~» pppssssttthhh hahahah umin cuman mimpi jadi orkay tjeilah sian bgt yak :v btw itu knapa sih kek gni ceritanya? Udah 2 chap dan aku baru nemu oke lanchuat dlu aaahhh :v

  43. huwaaaa ada FF baru knpa aku baru tau eonni, kyaaaaa
    jdi ini ceritanya sungmin amnesia, akhirnya” eonni updte jga
    ini kyaknya kyu brskap cuek dan sok ngata”in sungmin karena ada modusnya,
    next chapt lngsung cusss baca

  44. Kenapa aku baru tau kalo eonni update.. kyudet banget ane mah😂 aigoo.. itu si kyukyu kok jahat sekali. Masa’ ming diperlakukan kayak gtu, kirain mereka akrab eh ternyata gk ya? Mulutnya juga pedes banget. Kebiasaan yg gak ilang*.. ckckck.. itu siapa lagi yg ditemui ming? Jangan* si kyukyu ya? Asyiikk makin seruuu.. next next next💕

  45. seru… seandainya itu bukan khayalan min melainkan kenyataan seru kali ya cz minnya ga bakalan diperlakukan seperti itu hehehe…. lanjut terus… semangat…

  46. Yeeee, seneng banget dech setelah sekian lama nunggu. Akhirnya cerita baru muncu dech. Rindu baca tentang kyumin.. 😉😉😉

  47. Kangen sama blog ini, kangen sama Melanie, lama banget baru kesini lagi, ternyata ada ff baru😘
    Ming lupa ingatan ternyata,masih penuh misteri yaa..Haneul jahat masa..kyu juga
    Yang dateng di bar,kyu kayaknya..
    Tragis yaa nasibnya Ming, jadi pelayan gitu, hampir dilecehkan..

  48. Tertinggal baca part pertama pantas binggung ternyata akunya yang ga baca part awal.wkwk

    Sungmin hilang ingatan dan ditemukan oleh Kyuhyun.

  49. Huwaaaaa… Kangen banget sama ffnya mel eonnie.. Kangen kyumin jugaa 😭 seneng bgt pas ngeliat ada ff baruu..
    Hmm, mnurut aku sihh kyu gak jahat ama ming, malah kelakuan kyu gemesin bgtt.. 😚 haneul tuhh yg gak punya maluu 😑
    Itu yg dtg di bar si Kyuhyun kann? 😁

  50. Annyeong~
    Long time no see~~
    Lebih tepatnya, aku yg gak nongol nongol sih~ hehehhe..
    Yaa bisa dibilang aku reader lama mu, semoga masih mengingatku, melihat author yg semakin terkenal aja..
    Dan aku bersyukur banget author masih menulis ff ttg kyumin. Menurut ku hanya disini cerita kyumin yang bener bener menyentuh, aku jadi penasaran kok kamu bisa menulis dengan gaya bahasa yang mudah di mengerti ini ya.. kamu pasti banyak baca buku~
    Berjaya terus akan menulisnya, ku selalu mendukung dan menjadi reader yang baik!
    Fightinggg melanie-ssi~

  51. Kangen kyuhyun yg lagi wamil lihat foto2 lama dia di instagram lalu keinget kyumin pgn baca ffnya lagi. Langsung capcus ke blognya melanie. Aku start baca dr ff ini ya…

  52. Hai eonni, udah lama rasanya akuu bener2 hiatus dari Masa K-pop trlbih kyumin. Kali ini aku bener2 kangen moment mereka:” alhasil aku Dr kmren mencri jejak2 story kyumin yg bisa mnghibur kerinduan ini. Aku gtau may blg gmn lagi makasih bgy, eonni terutama sbgai author ff kyumin sejak dlu yh sllu akuu idolakan, dabest pkokknya:( trlbih skrg eonni msh bs luanginn waktu buat ff kyumin dn parahnya crtanya sllu g prnh g bkn Kita ikut trbuai dgn alur crtanya.

    Aku makasih bgt eonni msh semangatt buat lanjutin ff ttg kyumin:” krna aku sedih skrg mkn brkrangnya kyumin moment, pr author trbaik jg nulai brkrang:” kl aku hebat ky eonni dlm mmbuat ff in aku sprtny bakalan brsaha slma kyumin story g Akan tnggelam:” intinya jgn patah semangat eonni! Banyak yg menantikan crtamuu! Aku sbgai penggemar crita eonni Dr dlu aja dtg lagi dn lagi Haus Akan karya eonni ttg kyumin. Percaya atau tidak dluar Sana, baik org yh jadi Sider atpun tdak. Mrka pastilah pnya pndapat ygsama. Eonni bisa membuat ff kyumin lebih hidup dgn bahasa karya eonni yg bs mmbuat para joyers jatuh cinta lagi Dan lagi. Smkin bnyak pengunjung dn wlopun tdk meninggalkan jejak, aku yakin. Mereka sudah jatuh cinta dgn tulisan eonni, tapi mngkn mereka belum tau menghormati eonni. Jauh Dr it msh banyk ko yh support eonni. Trlbih in ttg kyumin. Kita para joyers pun g hrs dmnta, Kita sllu ad buat kyumin smpe kapanpunn. Trlbih untuk eonni, aku mohon jangan patah semangat!! Lanjtkan terus karyamu yahh!! Tulisannmu ttg kyumin sangat berarti bagi kehidupan kami💛 jgn hiraukan org lain. Tapi lihatlah Kita yh sllu msh ad dsni utk sllu mensupport karya2 eonni:) wufyu…

  53. Aku izin baca fanfictmu lagi ya eonnii. Kmren aku smpet baca yh midnight kl gsalah. Tapi komentar yh sllu aku post g muncul. Tapi alhmdulillah di fanfict ini bisa muncul juga hehe. Jd aku mulai izin membaca Satu persatu dn meninggalkan jejak di ffmuu yahhh💛 wufyyuu cepat kembalii hihii…

  54. Kasihan sungmin hidup sndiri…😟😩
    Kyuhyun ah..tolknglah sungmin dia sndirian..bagaimna itu..?
    Apakah amnesia sunhmin ad hubungannya dg kyuhyun..🤔
    Knpa kyuhyun sdikit dingin dg sungmin..😫😫
    #ijin lnjut bca ya kak..penasarannnn..asli bgus crtanya..😍😍

  55. JANGAN BILAMG KYU NAKSIR MING TERUS SENGAJA NYIMPEN MING DI RUMAHNYAAAAA?!!! Dahlah dahlah ga berani nebak kak melan tyda tertebakpun-_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.